Taklukan Jalan Menanjak dengan Mudah

Taklukan Jalan Menanjak dengan MudahMengendarai mobil di jalan menanjak memang cukup menantang, apalagi bagi pengemudi pemula. Perlu ketrampilan memainkan kopling dan gigi persneling dengan benar agar mobil melaju di tanjakan. Salah memasukan gigi persneling atau menginjak kopling mengakibatkan mobil tidak bisa berjalan, aus pada komponen mobil, bahkan slip. Tak jarang pengemudi merasa grogi bahkan panik ketika harus mengendarai mobil di tanjakan. Dalam kondisi seperti ini kita perlu tahu cara mengendarai mobil dengan benar agar lancar melewati jalan menanjak.

Hindari menggunakan kopling setengah. Saat melalui jalan menanjak, tanpa sadar kita mungkin sering menginjak setengah kopling dengan tujuan agar mobil tidak meluncur turun dan mengenai mobil di belakang. Langkah ini justru akan membuat plat kopling bekerja ekstra sehingga menipiskan plat kopling, mengakibatkan panas yang berlebihan, menimbulkan bau sangit, bahkan slip.

Maksimalkan penggunakan rem tangan (hand brake) saat mobil berhenti di tanjakan dan menahan laju mobil agar tidak mundur. Tidak menginjak setengah kopling, menetralkan persneling, dan mengaktifkan rem tangan secara otomatis akan mengurangi kerja kopling yang berlebihan. Melepas rem tangan saat akan mulai menjalankan mobil di tanjakan harus diimbangi dengan penggunaan kopling. Untuk mobil bertransmisi manual, carannya dengan memindahkan tongkat persneling ke gigi satu, lalu lepas pedal kopling pelan-pelan sambil menginjak pedal gas lebih dalam. Setelah mobil mulai bergerak maju, perlahan lepaskan rem tangan. Sementara untuk mobil bertransmisi otomatis caranya hampir sama, setelah memindahkan persneling ke gigi selain P atau N injak pedal gas shingga mobil mulai bergerak, lalu perlahan lepaskan rem tangan

Jaga jarak aman dengan mobil di depan. Jangan berhenti terlalu dekat dengan kendaraan di depan ketika mobil berhenti di tanjakan yang terjal, apalagi jika ditambah macet. Jika jaraknya sudah cukup aman, jalankan mobil dengan posisi persneling di gigi satu dan RPM konstan, lalu lepas pedal kopling. Selanjutnya, ulangi langkah tersebut. Teknik tersebut dapat mengurangi frekuensi penggunaan kopling.

Melakukan teknik yang tepat saat mengendarai mobil di tanjakan akan membuat kopling lebih awet dan terhindar dari kondisi slip. Berkendara pun akan lebih aman dan nyaman.

Sumber: Aspira

1 thought on “Taklukan Jalan Menanjak dengan Mudah”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *