Mesin sama, tampilan berubah

Awal pekan ini, di Ritz Carlton, Pasific Place, penyanyi seksi asal Australia Kylie ‘100%’ Minogue gemulai memaksa hadirin dipaksa berkutat dengan hermeneutika sebelum selubung multi purpose vehicle (MPV) All New Odyssey dibuka.

I just can’t get you out of my head. Boy your lovin’ is all I think about. I just can’t get you out of my head. Boy it’s more than I dare to think about. Desah biduanita bernama asli Lucy Holmes itu mengikuti beat-beat yang dimainkan Derek Bailey.

Tentu ada semiotika yang berusaha disampaikan PT Honda Prospect Motor (HPM) saat meluncurkan Odyssey terbaru. Maklum kendaraan yang menyasar pasar premium ini sempat absen selama 1 tahun.

Untuk itu, sah-sah saja jika Kylie jadi-jadian itu membuat mata hadirin nyaris copot karena melotot dan jantung berdebar kencang. I just can’t get you out of my head! Sekali lirik tak bisa lupa!

Menurut Yukihiro Aoshima, President Director PT HPM, generasi keempat Odyssey ini tampil dengan berbagai perubahan eksterior dan interior serta penambahan beberapa fitur unggulan.

“Tampilan yang lebih elegan menunjukkan kelas dan posisi Odyssey di kelas MPV. Selain memberikan kenyamanan dan utilitas tinggi sekaligus kemewahan dan sporty serta dilengkapi dengan fitur berteknologi terbaru Honda Odyssey akan memberikan pengalaman berkendara yang sempurna,” ujarnya dalam sambutannya.

Untuk bagian moncong, Honda memberikan sentuhan pada bentuk bumper dan penambahan headlamp yang kini dilengkapi dengan high intense discharge (HID) serta auto leveling. Bumper depan dipadu materi krom yang mewah.

Untuk bagian belakang, agar seseksi Kylie, lampu belakang model V-straight ditanamkan ke bumper belakang dipadukan dengan dual muffler yang sporty.

Kabin mewahnya, dilengkapi dasbor bertingkat “wave shape” yang eksklusif. Lengkap dengan 3D layer multicluster dan perangkat audio berteknologi layar sentuh yang terhubung dengan kamera belakang untuk parkir.

Triple zone A/C memungkinkan setiap baris dalam mobil mengatur suhu pendingin sesuai dengan kenyamanan masing-masing. Artinya pengaturan suhu di tiga baris joknya dapat diatur secara terpisah.

Tetap 2.400 cc

Sayangnya, Honda masih berpuas diri untuk tetap mengandalkan mesin i-VTEC DOHC berkapasitas 2.400 cc yang mampu menghasil-kan tenaga maksimal 180 ps pada 6.500 rpm dan torsi maksimum 22,2 kgm pada 4.500 rpm.

Sikap Honda tersebut sempat menjadi pertanyaan di kalangan pemerhati otomotif. Namun, usut punya usut, diketahui bahwa meski kapasitas mesin tetap, soal tenaga, jantung Odyssey baru naik 20 tenaga kuda dibandingkan dengan model sebelumnya.

Dengan transmisi lima percepatan otomatis, drive by wire, shift hold system, dan grade logic control. Odyssey sudah menggunakan standar Euro 4.

Jonfis Fandy, Marketing & Aftersales Servis Director PT HPM mengaku optimistis model terbaru Odyssey yang diimpor langsung dari Jepang ini akan diterima baik oleh konsumen Indonesia.

Fitur keselamatan lengkap. Ada motion adaptive VSA dan EPS yang menggabungkan vehicle stability assist yang mencegah oversteer dan understeer dengan bantuan ABS (antilock braking syatem), EBD (electronic brake force distribution), dan BA (brake assist) serta traction control yang terintegrasi denagn EPS (electric power steering).

Tambahan peranti pengamanan lain adalah Dual i-SRS airbags, side airbags, curtain airbags, dan pretensioner seatbelt dengan load limiter.

Odyssey yang tersedia dalam empat pilihan warna, premium white pearl, crystal black pearl, polished metal metallic, dan alabaster silver metallic dibanderol Rp536 juta (on the road Jakarta).

Jika masih kurang puas dengan penampilan luar yang standar, HPM menawarkan paket aksesori yang berasal dari rumah modifikasi Honda Jepang, Modulo yang beda tipis dengan sentuhan rumah modifikasi Mugen. (algooth.putranto@bsinsi.co.id)

Algooth Putranto

Sumber: Bisnis Indonesia

0 thoughts on “Mesin sama, tampilan berubah”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *